GUNUNG MERAPI TERUS KELUARKAN AWAN PANAS DAN LAVA PIJAR

GUNUNG MERAPI TERUS KELUARKAN AWAN PANAS DAN LAVA PIJAR
GUNUNG MERAPI TERUS KELUARKAN AWAN PANAS DAN LAVA PIJAR

SURATKABAR88YOGYAKARTA – Aktivitas Gunung Merapi masih cukup tinggi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan, pada pukul 23.30 WIB, Gunung Merapi kembali menyampaikan awan panas guguran.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan, awan panas guguran teramati dengan jarak luncur 1,3 Km. Berarti dalam sehari sepanjang Kamis 7 Maret 2019, Gunung Merapi tiga kali mengeluarkan awan panas atau wedus gembel dengan jarak antara 1,1 hingga 1,3 Km.

“Kami tetap meminta warga tetap tenang karena jarak luncur masih aman dari aktivitas warga lereng Merapi,” terangnya kepada Sindonews ,Jumat (8/3/2019).

Bahkan dari CCTV juga teramati Gunung Merapi memuntahkan lava pijar. Tercatat pada hari Kamis teramati 11 kali lava pijar dengan jarak luncur 300 meter sampai dengan 800 meter.

Begitu juga dengan hari ini, aktivitas vulkanik Merapi juga teramati dengan keluarnya lava pijar tiga kali sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 WIB. “Jarak luncur lava pijar antara 250 meter sampai 650 meter,” pungkasnya.

sumber: sindo

BACA JUGA : ERUPSI GUNUNG AGUNG PICU HUJAN ABU, BALI DISEBUT MASIH AMAN